Adiwiyata Smanegra

Pendidikan memiliki arti dan peranan penting dalam menentukan, membangun dan mewujudkan jati diri bangsa. Melihat kontribusinya yang cukup signifikan, maka pembinaan karakter menjadi tugas utama pendidikan. Namun dalam perjalanannya pendidikan hanya menitikberatkan pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan tetapi mengabaikan fungsi dan perannya dalam masalah pembinaan karakter. Pada saat ini kita dapat merasakan bahwa pendidikan hanya mampu menghasilkan keluaran berupa orang pandai, tetapi bermasalah dengan hati nurani, karakter dan jati dirinya. 
Salah satu penyaluran pendidikan adalah sekolah. Sekolah adalah wadah bagi warganya untuk meningkatkan mutu tiap individu agar dapat menciptakan manusia-manusia yang berilmu dan berakhlaq mulia. Yang pada saatnya dapat menyadari keberadaannya sebagai bagian dari kesatuan masyarakat dunia serta bersama-sama bertanggung jawab atas segala penurunan moral bangsa, juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara dan lingkungannya. 
SMAN 1 Grati telah berdiri sejak tahun 1984 yang pada saat itu kondisinya sangat gersang dan kering.  Karenanya proses pebelajaran menjadi terganggu. Namun atas upaya dan komitmen kuat untuk membenahi dan menjaga lingkungan kini kondisi lingkungan SMAN 1 Grati menjadi rindang dan sejuk. Hasilnya SMAN 1 Grati berhasil menyandang gelar Calon Sekolah Adiwiyata pada tahun 2010. Dalam perjalanan menuju adiwiyata mandiri warga sekolahnya harus mampu merubah karakternya yang dulu kerap merusak lingkungan menjadi peduli dan sayang lingkungan. Dalam upaya membentuk karakter siswa, diperlukan pengenalan tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan ekosistemnya melalui pembelajaran di sekolah. Upaya perubahan karakter  inilah yang harus dicari pemecahannya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan program adiwiyata yang telah ada.

Komentar

Postingan Populer